jump to navigation

Beda? Its Okay! August 5, 2007

Posted by diarybiru in Gudang Kata.
trackback

Perbedaan. Sebuah kata yang tak asing lagi di telinga kita. Terlebih lagi negara kita memang terkenal akan keragaman yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Dimulai dari hal yang umum, iaitu perbedaan budaya, lalu agama, ras, golongan, sampai kepada hal yang prinsipil – perbedaan pendapat, pemikiran, dan sebagainya.

Tentu saja, bukan tanpa bekal kita hidup di negara ini. Agama, undang-undang, norma-norma, dan lain-lain sudah memberi pemahaman kepada kita untuk bisa saling menerima perbedaan yang ada.

Tenggang rasa, sabar, ikhlas dan dewasa sedikit dari sekian banyak sikap yang harus kita miliki untuk menerima semua perbedaan di negara ini, bahkan di bumi ini, atau mungkin di dunia ini. Open minded… mungkin itu kata yang lebih modern untuk mewakili sikap-sikap yang lain tadi.

Berkat perbedaan itulah, tak jarang hidup terlihat indah. Walaupun tak selamanya perbedaan itu mengasyikkan. Sebagai contoh kecil, sebut saja tentang rasa. Jika hanya ada rasa manis saja, atau asin saja, atau pahit saja, wah… sulit dibayangkan tentunya. Jika hanya ada manis… bisa jadi akan banyak penderita diabetes, atau hanya ada rasa asin… mungkin akan banyak penderita hipertensi… pahit?? mungkin tak ada orang mau makan😀. Nah… sederhana bukan? bahwa perbedaan itu akan terasa perlu.

Lalu, dimana letak ketidakasikannya?

Kata teman saya, “Edy Sud, Surya Paloh… maksud lo?” heheh… Ya. Tentu ada hal yang tidak mengenakkan juga dengan adanya perbedaan itu, misalnya… perbedaan pendapat. Walau tidak asik, sebetulnya dalam hal ini ada banyak siasat untuk membuat kita enjoy menerimanya. Kuncinya ya itu tadi, open minded. Bukankan itu akan jadi ajang untuk kita dalam rangka melatih sikap besar hati? Melatih kita bagaimana menerima keunggulan pendapat orang lain? Dan lebihnya lagi, kita bisa menambah wawasan atas perbedaan yang terungkapkan tadi. Karena pemikiran berbedalah, timbul ide yang berbeda pula. Dengan itu, bukankan ilmu kita semakin bertambah?

Kemudian, jika isi dunia hanya kaum adam, atau hanya kaum hawa… duh! itu lebih rumit lagi. Impossible!

Siang-malam, terang-gelap, hitam-putih, tinggi-rendah, besar-kecil, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang hadir dimuka bumi ini. Semua turut menyemarakkan hidup kita. Tinggal semua kembali kepada kita, -manusia- yang menanggapinya.

Dalam suatu kesempatan, mungkin kita dipuji. Tapi bila dilain waktu kita dapat kritik atau caci, harusnya bisa menerima dengan sabar dan lapang dada. Ingat hakikat benar-salah yang ada didunia ini. Bahwa kita tidak selalu benar, namun ada kalanya kita berbuat salah. Maka, bersyukurlah ada yang mengkritik -atau mungkin mencela-. Bukankah itu justru suatu pelajaran untuk kita? bagaimana menerima dua hal berbeda dalam hidup kita -puji-cela-? bukankah itu membuat kita lebih tangguh dalam menjalani hidup?

Siang-malam. Kedua hal berbeda, namun begitu indah. Bisakah kita terima hal lain yang juga merupakan perbedaan dengan pandangan sama? indah?

Ya, jawaban ada pada diri kita masing-masing. Bergantung sampai manakah kemampuan kita dalam menerima sesuatu yang berbeda dengan apa yang kita harapkan… ?

Menyinggung sedikit tentang ukhuwah, ada baiknya jika kita sebagai muslim bisa berpandai-pandai dalam menyikapi perbedaan. Menilik masalah begitu banyaknya perbedaan yang timbul antara kita – umat Islam-.

Tentang beda mahzab, beda aliran, beda cara sholat, dan lain-lain yang seperti kita tahu. Sebagaimana telah diramalkan Nabi kita tercinta bagaimana kondisi Islam nanti. Oleh itulah, betapa penting apa yang saya harapkan ini.

Jangan sampai, karena perbedaan yang sebenarnya bisa kita cari penyebab dan solusinya itu, kita jadi terpecah belah. Saling tuduh, saling menghujat, menjatuhkan, dan lain-lain – naudzubillah-. Saatnya mengedepankan tujuan utama, mencari ridho Allah. Tanpa saling tikai… Karena beda, itu biasa. Maka beda? its okay!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: